Kamis, 24 Januari 2019

10 Masalah Kesehatan yang Dientaskan Puskesmas Sungai Durian


Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg Oscar Primadi, MPH mengatakan perlu upaya ekstra dari tenaga kesehatan setempat guna mengatasi berbagai penyakit di wilayah kerja Puskesmas Sungai Durian. Hal itu diutarakannya ketika berkunjung ke Puskesmas Sungai Durian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

"Saya pesan tenaga kesehatan di sini (Puskesmas Sungai Durian) tetap semangat dalam melakukan pelayanan kesehatan. Terutama terkait penyakit-penyakit yang banyak di masyarakat," ucap Oscar.

Diketahui, terdapat 10 jenis penyakit terbanyak di 10 wilayah kerja Puskesmas Sungai Durian. Penyakit yang banyak dialami warga setempat berupa penyakit yang bersumber dari lingkungan dan pola hidup.

Data yang dimiliki Puskesmas Sungai Durian menunjukkan penyakit tersebut yakni ISPA, hipertensi, dyspepsia, penyakit pulpa dan jaringan perapiral, diare, penyakit gusi dan periodental, alergi kontak, influenza, dan penyakit kulit infeksi lain.

Selain melakukan pelayanan di Puskesmas, tenaga kesehatan melakukan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) agar dapat melakukan pelayanan terpadu sekaligus mengentaskan penyakit-penyakit yang ada di masyarakat.

Beberapa strategi yang dilakukan Puskesmas sebagai upaya pengentasan penyakit-penyakit tersebut antara lain upaya promotif dengan penyuluhan luar dan dalam gedung terkait ISPA, Imunisasi, CTPS, PHBS, dan Imbauan 3M Puls dalam mengatasi DBD. 

Sementara upaya preventif dilakukan melalui imunisasi, sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), dan Posyandu Balita, termasuk deteksi dini dengan IVA dan Posbindu. 

Strategi tersebut dilaksanakan dengan melibatkan lintas sektor. Diharapkan 10 penyakit tersebut dapat dientaskan tahun ini dan tidak muncul penyakit lain. 

RAJAPOKER88

Rajapoker88

RAJABAKARAT

Rajabakarat

SENANG DOMINO

RAJAWE1

Rajawe1

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate